Tips Membuat Donat Menul Tanpa Telur dan Susu

Setelah bergelut dengan banyak variasi resep dari beberapa cooking creator, akhirnya ketemu sebuah resep yang benar-benar pas dengan apa yang diharapkan saat membuat donat. Langsung saja, dimulai dari komposisi bahan yang dibutuhkan

    - 250 gr tepung protein sedang

    - 1 sdt ragi instan

    - 4 sdm gula pasir

    - 125 ml air hangat kuku 

    - 1/4 sdt garam

    - 2 sdm margarin

Kemudian tips sekaligus tahapan saat membuat donat agar hasilnya maksimal;

1. Larutkan gula, ragi dan sedikit air dalam wadah, fungsinya adalah agar gula pasir larus sehingga adonan tidak begerindil saat diuleni. Selain itu, untuk memastikan keaktifan ragi yang akan dipakai, karena ragi dan sudah pernah dibuka cenderung kurang meyakinkan jika tidak dites terlebih dahulu.

2. Setelah gula larut dan ragi dipastikan aktif, masukan tepung terigu. Aduk dengan spatula. Kuncinya, tambahkan air sedikit demi sedikit jika adonan masih belum tecampur, agar adonan tidak terlalu basah sehingga susah kalis.

3. Setelah tercampur dan cukup air, uleni sebentar dengan tangan sampai setengah kalis.

4. Tambahkan margarin dan garam, lalu uleni sampai teksturnya lembut dan tidak gampang putus. Gunakan tempat yang datar untuk menguleni karena menghemat tenaga. Proses menguleni ini sendiri sekitar 15-30 menit. Note: Tanda lainnya adonan yang kita buat sudah selesai proses ulennya adalah, ketika dibulatkan lalu ditekan permukaannya maka ia akan kembali lagi.

5. Potong adonan sesuai selera. untuk 250 gr bisa jadi 8 donat ukuran besar, jika menghendaki lebih kecil lagi bisa desesuaikan.

6. Bulatkan kecil-kecil lalu letakan pada loyang/nampan yang sudah dialasi kertas roti. Tutup wadah dengan kain bersih dan istirahatkan selama 30 menit.

7. Setelah 30 menit adonan akan mengembang 2x lipat, dan bisa segera digoreng. Untuk bentuknya sesuai selera, jika ingin bulai biasa bisa langsung digoreng. Atau jika menginginkan bentuk layaknya donat pada umumnya, cukup tekan tengan adonan dengan satu jari, lalu bentuk lubang dengan memutarnya menggunakan jari telunjuk kedua tangan. 

8. Goreng dangan api kecil, sebelum memasukan adonan yang akan digoreng pastikan minyak sudah benar-benar panas. Ingat cukup sekali balik saat menggoreng donat agar dapat terbentuk white ring pada bagian pinggiran donat.

Hasilnya benar-benar lembut padahal tidak menggunakan telur/SP/susu sebagai pelembut adonan. Proses proovingnya pun hanya 30 menit sudah mengembang maksimal. Dan setelah semalaman donat tetap lembut. Selamat mencoba.


Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment