Ini Dia Fakta Tentang Peluncuran Uang Pecahan 75 ribu di Perayaan HUT RI Ke 75 dan Cara Mendapatkannya

Peluncuran uang pecahan 75 ribu saat perayaan HUT RI Ke 75 cukup mengagetkan. Timbul berbagai macam pertanyaan di Masyarakat tentang bagaimana detail penggunaan uang tersebut. Apakah sama dengan uang tunai pecahan yang lainnya? Mengapa jumlahnya terkesan nanggung? berikut Fakta Tentang Peluncuran Uang Pecahan 75 ribu di Perayaan HUT RI Ke 75.

Momentum mensyukuri peringatan HUT ke 75 Kemerdekaan RI

Menteri keuangan, Sri Mulyani Indrawati dalam keterangannya, menjelaskan “Hal ini ditujukan sebagai bentuk momentum untuk kita semua mensyukuri kemerdekaan Republik Indonesia, meskipun saat ini kita dalam kondisi menghadapi wabah Covid-19. Peringatan 75 tahun Republik Indonesia merdeka juga ditujukan untuk memperteguh kita semua di dalam menjaga kebhinekaan dan kesatuan Republik Indonesia serta bertujuan untuk menambah dan meningkatkan semangat kita dalam menyongsong masa depan dan terus mendukung dan mencapai tujuan kemerdekaan,”

Sarana Menumbuhkan Optimisme

Selain itu, Menkeu “Momentum ini harus terus kita manfaatkan untuk menumbuhkan optimisme dan semangat terus-menerus untuk membangun dan mencapai cita-cita kemerdekaan, meskipun kita tahu  di dalam perjalanan berbangsa dan bernegara, kita selalu akan dihadapkan pada berbagai tantangan dan kendala kehidupan termasuk menghadapi tantangan Covid-19,” jelas Menkeu.

Jumlah Uang yang Dicetak

Jumlah uang baru pecaharan 75 ribu yang dicetak adalah sejumlah 75 juta. Dan ditandatangani oleh Menteri Keuangan selaku wakil pemerintah dan Gubernur Bank Indonesia.

Uang Edisi Khusus

Uang baru ini bukan merupakan uang untuk transaksi tetapi edisi khusus untuk keperluan koleksi. Tercatat BI telah beberapa kali tmenerbitkan uang edisi koleksi, seperti uang edisi khusus Seri Save The Children, Seri 25 Tahun Kemerdekaan Indonesia, Seri perjuangan Angkatan 45,dan seri lainnya.

Cara Mendapatkan Pecahan Uang 75 ribu

Untuk mendapatkan pecahan uang 75 ribu, ada beberapa persayaratan yang harus dipenuhi.
Pertama, Warga Negara Indonesia (WNI) sudah memilik Kartu tanda Penduduk (KTP). Uang peringatan 75 Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia bisa didapatkan dengan menukarkan uang senilai Rp 75 ribu secara tunai dengan 1 lembar UPK yang memiliki nilai nominal sama.
Kedua, penukaran dilakukan dengan cara terlebih dahulu melakukan pemesanan secara online untuk mendapatkan jadwal dan lokasi. Adapun website yang digunakan sebagai untuk pendaftaran adalah https://www.pintar.go.id. Ingat ya, satu KTP hanya bisa menukarkan dengan 1 lembar uang pecahan 75 ribu edisi HUT Kemerdekaan RI.

Demikian artikel singkat terkait Fakta Tentang Peluncuran Uang Pecahan 75 ribu di Perayaan HUT RI Ke 75 dan Cara Mendapatkannya. Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment