Cara Pindah Domisili Antar Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi pengalaman tentang langkah-langkah Cara Pindah Domisili Antar Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Kebetulan, saya pindah dari Kabupaten Kendal ke Kabupaten Kebumen. Proses pindahan saya berlangsung sekitar bulan Juli 2020. Adapun langkah-langkah yang perlu diperhatikan adalah sebagai berikut:

Metode Online

Kebetulan saat itu, saya memilih metode online karena memang saat itu semua layanan tatap muka di Kendal sangat dibatasi untuk memutus penyebaran Corona Virus COVID-19. Untuk menggunakan layanan kependudukan secara online, Dinas Kependudukan Kab. Kendal sudah menyediakan aplikasi berbasis Android yaitu Pak Dalman. Bisa didownload di Playstrore melalui link berikut. Terkait petunjuk penggunaan dan nomor kontak untuk konsultasi sudah ada lengkap di aplikasi tersebut.

Persiapkan Berkas

Untuk mencari berkas yang diperlukan, tersedia di menu dropdown aplikasi Pak Dalman. Karena saat itu saya mengajukan pindah keluar maka persyaratan data dukung yang harus saya persiapkan adalah:
1. Surat Pengantar dari Desa
2. KTP
3. Form Pindah (bit.ly/FORMPINDAH)
4. Form F105 jika ada perubahan data (bit.ly/FORMF105)
5. Form F101 jika ada anggota KK yang ditinggal (bit.ly/FORMF101)
6. Fc. Surat Nikah/Akta Cerai
7. Fc. Akta Lahir
8. Fc Ijazah

Isi Form di Aplikasi

Setelah itu, isi form aplikasi Pak Dalman dan upload data dukung, ingat pastikan koneksi internet stabil. Setelah selesai, pantau pengajuan berkas di menu "Pengajuan". Segera lakukan perbaikan jika memang diminta untuk memperbaiki berkas. Setelah status menjadi "SIAP DIAMBIL" maka berkas bisa diambil di Kantor Dukcapil dengan membawa berkas asli dari data dukung yang tadi diupload.

Pengajuan Offline

Kebetulan pada waktu itu saya melakukan pengajuan pindah secara onilne, jadi tidak bisa bercerita banyak tentang pengajuan offline. Hanya saja, sangat mungkin jika pengajuan secara offline hampir sama dengan online kaitannya dengan persyaratan berkasnya. 

Demikian pengalama saya tentang Cara Pindah Domisili Antar Kabupaten di Provinsi Jawa Tengah. Semoga Bermanfaat.


Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment