Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Tidak Cepat Busuk dan Layu

Seringkali, setelah berbelanja kita meletakan sayuran dan bahan makanan hasil membeli dari pasar langsung di rak pada kulkas. Sehingga sayuran hanya bertahan 24 jam, itupun kondisinya sudah banyak yang layu. 

Berikut adalah Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Tidak Cepat Busuk dan Layu. Bahkan seperti bayam/kangkung dalam kulkas, dan bisa awet berhari-hari tanpa busuk atau layu.

Pertama, siapkan wadah plastik penyimpan makanan dengan tutupnya. Ukuran bisa disesuaikan dengan jumlah sayur yang akan disimpan. Untuk hasil maksimal, satu wadah satu jenis sayuran lebuh bagus. Jika wadah tidak mencukupi karena banyaknya sayur yang akan dismpan, makan klasifikasikan antara sayur dengan daging keras, sayur daun, bahan masakan dengan bau tajam (seledri, daun bawang atau cabai).

Kedua, potong-potong sayur tanpa dicuci terlebih dahulu, sesuaikan potongan dengan besarnya wadah. Hindari menekan kuat-kuat jika wadah sudah penuh karena akan menyebabkan sayur cepat busuk dan bentuknya tidak beraturan.

Ketiga, setelah dipotong, ambil pelapis tipis, semacam tisu atau serbet. Fungsinya adalah, menyerap uap air yg mengembun di dasar dan tutup wadah plastik. Setelah sayur dimasukan, alasi juga permukaan wadah dengan tisu sebelum ditutup.

Hasilnya....sayur yang disimpan berhari-hari pun tetap segar seperti baru dipetik. Kuncinya wadah harus tertutup rapat, kering dan disimpan di dalam kulkas. 

Demikian Tips Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Tidak Cepat Busuk dan Layu. 

Semoga bermanfaat


Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment