Pentingnya Edukasi 'Kalimat Perintah' Sejak Usia Dini

Banyak yang berpendapat, bahwa anak usia batita belum bisa diberikan perintah karena mereka masih tahap eksplorasi dimana keingingannya besar untuk mengetahui banyak hal di sekitar mereka. Padahal itu adalah masa emas mereka dimana semua input yang mereka terima diproses dengan baik.

Kebiasaan yang sering ditemui pada batita adalah melempar barang saat bosan atau tidak suka. Ulang berkali-kali ucapan "Kalau tidak suka silakan diletakan, tidak dilempar, ". Kenapa memakai kata tidak sedangkan pada beberapa ilmu parenting dianjurkan menghindari kata 'Tidak' dan 'Jangan'. Karena itu adalah yang yang urgent dimana anak yang gemar melempar agar cenderung menjadia arogan dan mudah marah saat keinginannya tidak terpenuhi.

Selanjutnya, praktikkan untuk mengembalikan benda pada tempatnya. Berikan contoh agar anak mudah mengerti instruksi, tunjuk arah mana dia harus mengembalikan.

Gambar: metroparent.comUntuk awalan, mungkin anak tidak mengerti apalagi usia batita cara komunikasi anak masih terbatas dengan isyarat atau bahasa sederhana yang mereka fahami. Namun jika terus diajarkan, lama-kelamaan anak akan terbiasa mengembalikan barang yangsudah mereka ambil ke tempatnya semula.

Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi, semoga bisa bermanfaat.


Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment