Web Hosting Murah

gambar: b2evolution.comHanya bercerita pengalaman sedikit tentang webhosting. Karena secara pengalaman kami belum begitu banyak mengetahui tentang hosting. 

Tentang hosting, kami merekomendasikan jangan tergiur dengan harga yang murah. Karena tidak hanya dengan modal murah cukup. Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Peruntukan Hosting
Perlu dipastikan dulu, untuk apa hosting yang akan kita beli. Jika hanya untuk belajar, bisa menggunakan hosting yang murah. Dan sesuaikan dengan kebutuhan storage yang akan digunakan. Anda bisa mencobanya di dulu di localhost sebelum benar-benar di upload ke hosting. 
Dan jika untuk kebutuhan krusial, kami merekomendasikan untuk membuat hosting sendiri dan meminta tenaga ahli untuk mengelolanya.

Dimana Letak Server
Letak server kadang mempengaruhi kecepatan data ketika kita mengakses hosting tersebut. Dalam beberapa hal, biasanya hosting yang berlokasi di Amerika dan Singapore menjadi primadona. Tapi jika Anda menginginkan kerahasiaan data, server milik sendiri tetap menjadi solusi. Tentunya tantangannya adalah kemampuan kita dalam pengeloaan  server tersebut.

Fasilitas 
Dengan mengeluarkan sekian rupiah/dollar, tentu kita bertanya tentang fasilitas yang didapatkan. Mulai dari storage, bandwidth, dan fasilitas tambahan lainnya. Pengalaman pribadi, biasanya saya mencari yang sedang promo domain. Jadi sekalian beli domain saya juga beli hostingnya.

Costumer Care
Peran CS bagi pemula sangat penting karena biasanya seorang newbie akan banyak bertanya tentang segala hal. Oleh karena itu, jika Anda seorang pemula, sangat penting untuk memilih penyedia hosting yang mempunyai CS dengan respon cepat. Kita perlu CS biasanya ketika kita setting DNS,  konfirmasi pembayaran dan beberapa setting lain. 

Demikian sedikit tips tentang pengalaman webhosting, selama ini saya menaggunakan fasilitas dari Rumahweb. Sudah menjadi cotumer sejak tahun sekitar 2008. Dan selama ini belum mengalami kendal ayang berarti.


Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment