Tips Singkat Mengelola THR

Gambar: eimf.euTunjangan Hari Raya atau biasa kita kenal dengan THR sudah menjadi tradisi tersendiri bagi masyarakat kita. Momen mendapatkannya pun berdekatan menjelang hari raya. Rasa-rasanya ingin membelanjakan seluruh uang tersebut untuk kebutuhan konsumtif. 

Tapi tunggu dulu, jangan sampai uang yang kita dapatkan setahun sekali habis begitu saja untuk kebutuhan konsumtif yang tidak berbekas sama sekali. Setidaknya ada beberapa prioritas yang bisa kita penuhi dari uang THR ini. Agar THR yang kita dapatkan bisa bermanfaat dan tidak menguap begitu saja, tak berbekas.

Pertama, Sisihkan untuk membayar hutang
Hutang adalah kewajiban yang harus kita bayar. Sisihkan beberapa rupiah untuk mencicil melunasinya jika dirasa hutang terlalu banyak ketika harus dibayarkan semuanya.

Kedua, Gunakan untuk biaya selama lebaran
Misalnya mudik, karena tentu saja mudik membutuhkan biaya yang tidak sedikit maka sudah selayaknya ada anggaran khusus diluar anggaran bulanan kita. Yaitu dari uang THR.

Ketiga, Ingat Sedekah
Sedekah atau secara general bisa disebut dana sosial bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Bisa sedekah itu sendiri, Infaq, Wakaf, Zakat. Ataupun bagi-bagi angpao kepada kelauarga dan tetangga dekat. 

Keempat, Menabunglah
Menabung bisa dengan berbagai macam cara. Bisa dengan investasi dengan resiko kecil. Bisa dengan investasi emas ataupun disimpan di bank. Hanya saja ketika disimpan di bank tentu akan ada biaya administrasi. Peruntukkan tabungan pun bisa macam-macam. Misal untuk kebutuhan tak terduga.

Demikian tips singkat tentang pengelolaan THR. Semoga bermanfaat. Selamat berhari raya.



Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment