Tips Mudik Menggunakan Sepeda Motor


Mudik menggunakan sepeda motor masih menjadi primadona bagi  Indonesia. Walaupun secara keamanan lebih beresiko, namun masih banyak diminati dikarenakan menggunakan sepeda motor dianggap bisa lebih fleksibel.

Berikut ada beberapa tips buat Anda yang akan melakukan perjalanan menggunakan sepeda motor.

Pertama, Cek kondisi kesehatan sepeda motor secara keseluruhan. Mulai dari kondisi oli, ban-nya sudah gundul atau masih bagus, rantai-nya masih kenceng atau sudah kendor, karburatornya masih bersih atau sudah perlu dibersihkan. Jika Anda belum paham tentang persepeda motoran, minta bantuanlah kepada bengkel yang Anda percaya untuk melakukan ini. Termasuk juga cek mas aktif kartu SIM dan pajaknya sekalian.

Ke-dua, Buatlah planning skenario dan jadwal perjalanan Anda agar terencana dengan baik. Jadwal ini bisa fleksibel sesuai kebutuhan. terlebih lagi sekarang sudah ada google map. Anda bisa melihat secara detail di google map. Mulai dari tempat makan, destinasi wisata, SPBU, kondisi trafict lalu lintas. Namun, tidak ada salahnya jika Anda juga membuat print out sendiri.

Ke-tiga, Jaga kesehatan sebelum berangkat. Pastikan Anda dalam keadaan fit. Pakailah alat-alat pelindung. Jika perlu tambahkan peralatan tambahan seperti, Helm Fullface, pelindung dada, sepatu serta pelindung kaki. Bawa barang bawaan seperlunya. Pastikan juga berdoa sebelum berangkat.

Ke-empat, Saat di perjalanan, patuhilah rambu-rambu lalu lintas. Tidak hanya ketika ada petugas, tapi juga ketika tidak ada petugas. Karena rambu-rambu lalu lintas dibuat bukan untuk dilanggar tetapi untuk ditaati agar teratur. Berhati-hatilah dan tetap waspada. Di jalan raya, kita tidak bisa hanya bermodal "posisi benar". Tetapi dengan waspada, kemungkinan kita terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan lebih besar. Jika memang memungkinkan, berkendaralah dalam tim agar jika terjadi maslah bisa saling membantu. 

Ke-lima, Jangan segan-segan untuk beristirahat. Karena kondisi badan yang capek membayakan. Baik membahayakn diri sendiri ataupun orang lain. Saat mudik lebaran, banyak yang membuka posko mudik dan rest area. Mulai dari parpol, ormas, dan lain sebagainya.

Itu saja sedikit tips mudik menggunakan sepeda motor. Semoga bermanfaat. 
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment