Tips Mengelola Keuangan Keluarga

Adalah buku karangan Ahmad Gozali berjudul "Habiskan Saja Gajimu" yang akan menjadi rujukan kita dalam pengelolaan keluarga. Sebenarnya secara umum buku ini untuk siapa saja, tidak hanya untuk orang yang sudah berkeluarga.

Pada dasarnya, kita akan membelanjakan setiap pemasukan  yang kita dapatkan. Itu sudah menjadi sebuah keniscayaan. Pertanyaannya, apakah cara kita benar dalam pembelanjaan tersebut. Terkadang kita tidak seimbang dalam pemelanjaan. Buku ini, membahas pos-pos yang perlu kita penuhi dalam "menghabiskan" uang kita.

Pengeluaran yang bersifat Sosial
Pengeluaran ini sering disepelekan oleh sebagian orang karena dianggap tidak menguntungkan sama sekali. Padahal di agama manapun, mengajarkan kita untuk berbagi. Dengan berbagi, secara tidak langsung akan membuat hati kita merasa bahwasanya ada hak orang lain yang ada pada harta kita yang sudah diberikan Allah kepada kita.

Pengeluaran berupa cicilan
Bagaimanapun juga, yang namanya hutang harus kita bayar. Bahkan ketika sudah meninggal pun , ahli waris juga harus membayarnya. Hutang ini, bisa berarti cicilan motor, rumah dan lain sebagainya.

Pengeluaran untuk menabung
Menabung merupakan hak untuk kita di masa yang akan datang. Menabung bisa lakukan dengan tabungan dana cadangan, setoran investasi, premi asuransi, dll.

Biaya hidup
Merupakan kebutuhan kita saat ini. Kita mengenal pengeluaran Fixed dan Pengeluaran Fleksibel. Pengeluaran fixed adalah pengeluaran yang harus kita keluarkan untuk kelangsungan hidup kita, seperti biaya kontrakan. Sedangkan pengeluaran flexibel merupakan pengeluaran yang masih bisa diatur sendiri sekehendak kita seperti biaya makan dan gaya hidup lainnya.

Berapapun penghasilan total Anda, apapun pekerjaan Anda. Cobalah untuk menggunakan model pembagian tersebut. Saving dulu baru Shopping.

Ingat, yang mahal itu bukan biaya hidup, tapi gaya hidup.

Untuk resensi lain tentang materi seputar buku ini, silakan download di sini.



Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment