Tips Membuka Usaha Konter Pulsa

Usaha konter pulsa merupakan usaha rumahan dengan resiko kecil dan relatif mudah. Oleh karena itu, tidak heran jika keuntungan per transaksi hanya berkisar ratusan rupiah sampai dengan ribuan rupiah. Tetapi jika bisa dimaksimalkan pada volume panjualan, bukan tidak mungkin bisnis ini bisa menghasilkan income yang lumayan. Berikut ini beberapa tips yang mungkin bisa dijadikan referensi ketika Anda berniat membuka usaha konter pulsa.

Darimana Deposit Anda
Terkait deposit, ada 2 opsi yang bisa Anda pilih. Pertama, menggunakan server pulsa All operator. Artinya Anda cukup menggunakan satu chip SIMcard untuk semua transaksi operator. Jika menggunakan ini, pastikan Anda memilih server yang sudah terpercaya dan mudah jika anda melakukan complain. Kelebihan menggunakan server All operator, Anda cukup deposit satu kali untuk semua operator dan hanya menggunakan satu buah Handphone. Sedangkan kelemahan dari sistem ini adalah terkadang pulsa agak lama masuknya bahkan lebih parah ketika harus pending selama beberapa menit. Ini menjadi masalah besar ketika Anda menemui pembeli yang rewel. 

Opsi kedua, Anda bisa menggunakan Sales Resmi dari masing-masing operator. Untuk hal ini biasanya perlu datang ke kantor perwakilan sales dari operator tersebut. Ada perwakilan di masing-masing kabupaten. Beberapa sales resmi tersebut misal, CV. Purnama Jaya Abadi, CV. Bumilindo, PT. Multikomunika dan lain sebagainya. Kerugian menggunakan sistem ini, mengharuskan Anda untuk menggunakan satu chip SIMCard hanya unuk transaksi satu operator. Berarti Anda juga harus menyiapkan beberapa HP khusus untuk transaksi. Keuntungannya, transaksi menggunakan sistem ini akan lebih cepat. Hanya butuh waktu sekitar 3 detik. Selain itu, juga akan mendapatkan update promo dari operator resmi. Dengan sistem ini juga, Anda bisa menjual berbagai macam paket data internet.

Hati-hati dengan hutang
Kelihatannya sepele, hutang 5.000. Tapi jika hal ini berkali-kali, maka lama kelamaan Anda akan bangkrut. Ingat, jualan pulsa bukan bisnis jasa semacam tukang cukur ataupun tambal ban. Disiplinlah dalam hutang. Beri jangka waktu yang jelas dan ketegasan. 

Buat Media Publikasi
Media publikasi bisa bermacam-macam, baik online maupun offline. Tapi minimal, Anda memasang spanduk sebagai penanda yang menjelaskan ke khalayak ramai bahwasanya Anda menjual pulsa.

Tambahkan Etalase
Jika memungkinkan, tambahkan etalase agar calon pembeli yakin dengan jualan Anda. Ini juga akan membuat konter Anda tampak estetis. Jangan lupa, isilah etalase dengan bermacam-macam kartu perdana dan voucher isi ulang.

Tambahkan PPOB/Loker Pembayaran
Di internet, banyak sekali penawaran tentang aplikasi pembayaran. Misal, POSPAY, KOIN dan banyak lagi yang lainnya. Sebagai penunjang, siapkan 1 buah PC atau Laptop, 1 buah printer. Dan koneksi internet. Untuk koneksi internet, Anda bisa cukup menggunakan modem atau Teatring-an.

Tambahkan Jualan Lain
Misalkan Minuman ringan, jajan2an, cetak foto, aksesories. Poin plus jika bisa nyambi service. Baik itu service HP, Printer, ataupun komputer. Keuntungan untuk jasa biasanya lebih besar.

Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment