Perhatikan Beberapa Hal berikut Ini Sebelum Berhutang

Hutang-piutang menjadi sebuah aktivitas yang sudah melekat pada masyarakat kita. Etikanya, kita harus memiliki adab terutama saat berhutang.

Lihat Kondisi
Pastikan orang yang akan kita hutangi tidak sedang membutuhkan uang yang hendak kita pinjam. Jangan sampai kita menjadi orang yang dholim karena memaksakan kehendak dengan dalih kita sangat butuh pinjaman, sementara yang bersangkutan juga sedang memiliki kebutuhan pribadi.

Akad/Perjanjian
gambar:warohmah.comTentukan akad dalam pengembalian pinjaman. Jika perlu tulis dalam sebuah kertas bermaterai yang berisi perjanjian tentang tanggal pengembalian pinjaman. Dan tentunya disertai dengan niat akan mengembalikan sesuai tanggal yang ditentukan.

Barang jaminan, jika dirasa perlu. 
Terkait dengan komitmen kita akan mengembalikan tepat waktu, tentunya agar orang yang kita pinjam lebih percaya pada kita, maka titipkan barang berharga kita sebagai jaminan.

Hindari Bunga/Riba
Tidak memilih perseorangan yang mengambil riba saat meminjami uang. Ibarat berhutang dengan riba, kita akan terjebak dalam lingkaran hutang yang tak henti berputar menjerat kita agar terus berhutang untuk melunasi hutang lainnya.

Demikian tips yang bisa dibagikan, semoga bermanfaat.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment