Ini yang Membuat Sate Ambal Kebumen Berbeda

Gambar: ciricara.comKetika mendengar kata sate, yang terpikir di kepala kita adalah tentang daging, ditusuk kecil-kecil dan dibakar. Di Indonesia, ada bermacam-macam varian sate. Kita kenal ada Sate Madura, Sate Padang dan yang akan kita bahas adalah Sate Ambal. Ini adalah salah satu makanan khas Kabupaten Kebumen.

Ambal sendiri adalah nama sebuah kecamatan di Kabupaten Kebumen. Tepatnya di pesisir selatan Kabupaten Kebumen. Kemudian beberapa hal yang membuat Sate Ambal begitu khas adalah:

Daging
Daging yang digunakan adalah daging ayam yang dicampur dengan bumbu tersendiri. Dimana bumbu yang digunakan dominan dengan campuran gula merah dan kunyit. 

Sambal
Berbeda dengan sate lain yang menggunakan sambal kacang tanah, irisan bawang merah dan cabe mentah, sambal sate ambal menggunakan sambal tempe. Sambal tempe adalah sambal yang terbuat dari rebusan tempe yang dicampur dengan bumbu tertentu. Dan rasanya juga tidak kalah manis.

Tusuk 
Tusuk yang digunakan adalah lidi. Berbeda dengan sate lainnya yang menggunakan rautan bambu. Beberapa orang merasa tidak nyaman dengan hal ini. Tapi percayalah, setelah menikmati enaknya rasa sate, lama-lama akan terbiasa.

Arang
Arang yang dipakai harus menggunakan arang dari batok kelapa. Hal ini untuk mengurangi sisa pembakaran yang berupa abu putih.

Potongan Daging Lebih Besar
Hal ini disebabkan karena kandungan air dan gula yang meresap ke dalam daging

Itu tadi beberapa keistimewaan Sate Ambal. Pastikan Anda sudah mencobanya, Biasanya disajikan bersama ketupat tanpa kecap karena rasanya yang sudah sangat manis. (tdy)
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment