Tips Belanja Aman di Internet

Inilah era dimana aktivitas belanja yang sering dilakukan di pasar, bertemu langsung antara penjual dan pembeli; sudah berubah dikarenakan teknologi yang berkembang amat pesat. Sekarang sudah banyak yang memilih berbelanja apapun melalui market place atau online. Bahkan untuk barang-barang berat sekalipun, karena sudah didukung dengan aplikasi antar barang yang tarifnya relatif terjangkau.

Gunakan Rekening Bersama
Marketplace ternama macam Bukalapak, Tokopedia dan sejenisnya tentu sudah memiliki fasilitas rekening bersama. Anda tinggal deposit kemudian deposit tersebut akan digunakan sebagai alat pemayaran. Jika anda seorang pembeli maka uang bau masuk ke rekening penjual setelah Anda benar-benar menerima barang pesanan tanpa ada complain. Saran saya, jangan pernah pernah coba-coba balanja tanpa rekening bersama.

Cari Penjual Terpercaya
Cari informasi tentang penjual tersebut. Baca review tentang si penjual. Nitizen kadang mengunggah pengalaman mereka ketika mengalami penipuan. Beberapa marketplace juga biasanya me-rating penjual. Gunakan itu sebagai acuan.

Baca Review Pembeli Sebelumnya
Review dari pembeli sebelumnya sangat penting karena ini terkait dengan track record si penjual. Dan sebagai timbal balik, jangan segan memberikan kesan atau sekedar review ke lapak yang baru saja Anda beli agar bisa menjadi informasi bagi calon pembeli yang lain.

Hindari membeli dengan harga ekstrim
Untuk bisa mengetahui ekstrim atau tidak, tentu saja kita perlu melakukan survei kecil-kecilan tentang harga barang yang akan kita beli. Membeli barang dengan harga dengan harga yang sangat murah, perlu menjadi perhatian khusus. Bisa jadi ini perangkap dari para penipu Terlebih lagi jika terjadi percakapan/chatting diluar aplikasi yang disediakan oleh marketplace resmi. Biasanya penipu menggiring percakapan di luar aplikasi dan merayu dengan harga yang fantastis.

Demikian sedikit tips bagi Anda yang ingin berbelanja online. Semoga bermanfaat, selamat berbelanja.
Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment