Ada apa saja di Syawalan Kaliwungu?

Syawalan merupakan event tahunan Kecamatan Kaliwungu Kabupaten Kendal. Awalnya syawalan merupakan tradisi Khoul dan ziarah kubur ulama-ulama Kaliwungu yang sudah meninggal. Seiring perkembangan zaman, tradisi ini berkembang menjadi semacam pasar malam. Puncaknya, di hari ke-7 bulan syawal. 

Jalan Depan masjid Al Muttaqien Kaliwungu biasanya ditutup. Berikut, beberapa hal yang khas ada di Syawalan Kaliwungu.

Ziarah Kubur
Akan banyak orang-orang berdatangan ke Jabal, sebuah kompleks makam di Kaliwungu. Para peziarah tidak hanya berasal dari Kaliwungu, tetapi dari daerah kecamatan sekitar Kaliwungu, bahkan ada yang dari luar daerah.Kendal.

Perabotan Rumah Tangga
Mulai dari panci, pisau dapur dan semua keperluan dapur lengkap dijual. 

Barang-barang dari Tanah
Biasanya dijual oleh para penjual dari Kudus. Mereka menjual barang-barang yang terbuat dari tanah liat yang dibakar kemudian dicat warna-warni. Mulai dari celengan, mobil-mobilan dan aneka mainan anak lainnya.

Gorengan
Jikalau gorengan, mulai dari ondhe-ondhe, martabak manis, martabak telor, dijual oleh pedagang yang berasal dari daerah Brebes, Tegal dan sekitarnya.

Wahana Permainan
Seperti layaknya pasar malem, di alun-alun Kaliwungu juga terdapat aneka wahana permainan, mulai dari odong-odong, bianglala, kora-kora dan sejenisnya. 



Gambar: Tribunnews.com



Previous
Next Post »
Post a Comment
Thanks for your comment